Hipnoterapi, Amankah…?

Hipnoterapi adalah salah satu metode terapi psikis & behavioral yang menggunakan kerangka hipnosis. Seluruh kebiasaan baik berupa cara berpikir maupun tingkah laku dikendalikan oleh sebuah atau beberapa program pikiran yang tertanam di pikiran bawah sadar. Sehingga kalau ada kebiasaan buruk, baik yang disadari maupun tidak disadari, cara memperbaikinya adalah dengan memperbaiki atau mengubah program pikiran, dan hypnotherapy adalah metode yang sangat efektif, aman, dan penuh etika, untuk keperluan tersebut. Disebut efektif karena bisa menjangkau akar permasalahan, dan disebut aman & penuh etika kerena seluruh tahapan atau langkah termasuk sugesti yang diberikan bersifat terbuka (berbeda dengan hipnosis untuk hiburan), artinya seorang klien berhak menolaknya apabila hal tersebut tidak sesuai dengan keinginan dan keyakinannya.

Akhir-akhir ini banyak terjadi aksi kejahatan yang disebutkan menggunakan hipnotis (hipnosis). Informasi ini bisa menyesatkan dan membuat resah di kalangan masyarakat. Kejadian-kejadian yang diberitakan di beberapa media itu sebetulnya tidak selalu ada kaitannya dengan praktek hipnosis.

Hipnosis adalah sebuah seni komunikasi (verbal), hipnosis akan terjadi kalau ada komunikasi antara dua pihak atau lebih. Jadi proses tersebut membutuhkan kesediaan dan keinginan si-subyek. Apabila subyek tidak bersedia atau tidak menginginkan maka hipnosis tidak pernah terjadi. Sehingga masyarakat tidak perlu takut terhadap aksi kejahatan yang disebut menggunakan hipnosis. Aksi kejahatan yang disebutkan di beberapa media tersebut adalah penipuan biasa atau ada juga yang menggunakan cara-cara gendam dan sejenisnya. Kita hanya perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap lingkungan sekitar, dengan cara meningkatkan kesadaran untuk berpikir. Tanamkan juga sebuah keyakinan bahwa anda tidak bisa di hipnosis untuk hal-hal yang tidak anda inginkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *